|
Kelas :________________________________
Kelompok :________________________________
Tanggal Pelaksanaan : ________________________________
I.
KOMPETENSI
DASAR
Menganalisis data hasil obervasi tentang
berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis dan ekosistem) di Indonesia.
II.
Tujuan
Kegiatan
Menentukan nama famili suatu tumbuhan dengan
menggunakan kunci determinasi sederhana
III. ALAT DAN BAHAN
Tumbuhan
kunyi (Curcuma domestica), jahe (Zingiber officinale), daun adam hawa (Rhoeo discolor), ganyong (Canna discolor), waru (Hibiscus tiliaceus), kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis)dan tumbuhan lain
IV. LANGKAH
KERJA
1.
Amati ciri-ciri tanaman yang tersedia
2.
Tentukan nama famili tumbuhan tersebut dengan
menggunakan kunci determinasi
3.
Catatlah hasilnya pada tabel pengamatan,
jawablah pertanyaan, dan tuliskan kesimpulanmu.
Contoh kunci determinasi sederhana
1.
A. Tanaman bergetah...............................................................................................(27)
B. Tanaman
tanpa
getah............................................................................................(2)
2.
A. Daun berbentuk ginjal, bertulang daun
menjari, tepi daun beringgit.............(Malvaceae)
B. Daun tidak berbentuk
ginjal..................................................................................(3)
3.
A. Mempunyai seludang daun (peleepah) yang
memeluk batang.............................(4)
B. Tidak ada seludang daun yang
jelas......................................................................(8)
4.
A. Anak tulang daun lurus
sejajar..............................................................................(30)
B. Anak tulang daun
menyirip....................................................................................(5)
5.
A. Batang berdaun tegak, posisidaun
berputar........................................(Zingiberaceae)
B. batang tidak berdaun tegak, posisi daun
tidak berputar.........................................(6)
6.
A. Batang berbuku-buku, berselaput bumbung
pada ketiak daun..............................(8)
B. Tidak ada selaput
bumbung....................................................................................(7)
7. A. Bakal nuah menumpang diatas bunga di daun
pelindung yang terlipat...(Commelinaceae)
B.Bakal buah tidak terlindung oleh daun
pelindung...........................................(Canaceae)
V.
DATA HASIL
PENGAMATAN
Tabel
Pengamatan
No.
|
Nama tumbuhan
|
Urutan nomor determinasi
|
Famili
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
VI. Jawablah Pertanyaan berikut:
1.
Tumbuhan manakah yang termasuk famili
Malvaceae, Zingiberaceae, Commelinaceae, dan Canaceae?
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2.
Bagaimana ciri-ciri khusus dari masing-masing
famili?
_________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3.
Jelaskan persamaan dan perbedaan Malvaceae
dengan Zingiberaceae
_________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4.
Jelaskan persamaan dan perbedaan Commelinaceae
dengan Cannaceae.
_________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
VII. KESIMPULAN
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
VIII. PENILAIAN
a.
Penilaian
Psikomotor (diisi oleh guru)
No.
|
Kriteria
Penilaian
|
Nilai
|
Paraf
Guru
|
1.
|
Kelengkapan
alat dan bahan
|
|
|
2.
|
Bekerja
sesuai prosedur
|
|
|
3.
|
Keberhasilan
percobaan
|
|
|
4.
|
Kemampuan
mencatat data
|
|
|
5.
|
Kemampuan
mengidentifikasi objek
|
|
b.
Penilaian
Afektif (diisi oleh guru)
No.
|
Kriteria
Penilaian
|
Nilai
|
Paraf
Guru
|
1.
|
Kerapian
|
|
|
2.
|
Kerja
sama
|
|
|
3.
|
Ketelitian
|
|
|
4.
|
Kedisiplinan
|
|
|
5.
|
Kebersihan
|
|
Sibolga, 2015
Guru Mata pelajaran Praktikan
(...............................) (............................)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar